Jumat, 29 September 2017

Kereta Api dan Awan – awan Harapan



PT. Kereta Api Indonesia (Persero) merupakan perusahaan dalam bidang perkeretaapian yang telah berdiri selama 72 tahun. Selama kurun waktu tersebut, perusahaan ini telah memberikan banyak perubahan kearah yang lebih maju dalam bidang transportasi darat. Diantaranya adalah bidang transportasi massa dan logistik. 
Selama kehadiran tersebut, saya terkesan dengan pelayanan yang diberikan walaupun saya jarang menggunakan moda transportasi kereta. Berdasarkan pengalaman saya kala itu, yang belum tahu tentang tata cara untuk memasuki gerbong, saya dibantu oleh petugas yang dengan sigapnya memberikan informasi secara detail. Dari segi pelayanan, karyawan PT. Kereta Api Indonesia telah memiliki nilai yang tinggi.
Menurut saya, hal yang penting untuk mengembangkan perusahaan yaitu dalam fasilitas, diantaranya sebagai berikut:

Desain Gerbong
Desain luar gerbong saat ini masih sama dengan yang terdahulu. Yaitu satu warna dengan beberapa garis horizontal. Menurut saya, alangkah lebih baik jika masing - masing gerbong diberikan desain atau ikon dari kota tujuan. Misal dari Semarang tujuan Jakarta. Mungkin di gerbong tersebut bisa didesain dengan gambar monas, kerak telur, dan lain sebagainya. Begitu pula dengan tujuan Jakarta - Semarang, bisa diberi gambar ikon khas Kota Semarang.

Kereta Wisata Edukasi 
Di masa mendatang, saya harap PT. Kereta Api Indonesia (Persero) bisa menyediakan kereta wisata yang dapat memberikan edukasi kepada anak – anak, pelajar, dan para wisatawan. Kereta tersebut bisa menuju ke daerah yang berpotensi menjadi wisata edukasi, seperti tujuan Solo dan Jogja dari kota Semarang. Hal ini semoga dapat terlaksana dengan kerjasama berbagai pihak, seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Industri Perhotelan di sekitar daerah kerja PT. Kereta Api Indonesia (Persero).

Pembangunan fasilitas wisata di daerah yang berpotensial
        Jalur yang dilewati oleh kereta ke beberapa tujuan memiliki potensi wisata. Sebagai contoh, kereta dengan tujuan dari Kota Semarang menuju Pekalongan melewati daerah tepian laut dan area sawah. Dalam perjalanan dari Semarang ke Pekalongan, kereta melewati beberapa stasiun kecil, salah satunya yaitu Stasiun Plabuan. Stasiun ini terletak di tepi laut dengan pemandangan yang cukup indah. Kondisi alam tersebut akan memiliki nilai lebih jika dibangun tempat makan atau area taman untuk menikmati pemandangan yang telah ada.

Penambahan fasilitas di stasiun
     Salah satu fasilitas yang sangat penting bagi masyarakat yaitu tempat ibadah. PT. Kereta Api Indonesia telah menyediakan fasilitas tersebut. Namun, luas tempat ibadah tersebut tidak sebanding dengan jumlah masyarakat pengguna moda transportasi kereta api. Alangkah lebih baiknya jika dibangun fasilitas tempat ibadah yang lebih luas agar masyarakat merasa lebih nyaman saat bepergian dengan menggunakan kereta.

Saya yakin bahwa PT. Kereta Api senantiasa memberikan pelayanan prima dan dinamis mengikuti perkembangan jaman. Jaya selalu PT. Kereta Api Indonesia (Persero).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar